Cara Menghitung Penghasilan Iklan Adsense di Blog dan YouTube

Terkadang ada beberapa orang yang bertanya-tanya mengenai penghasilan sebuah situs website atau youtube yang mungkin mempunyai pengunjung rata-rata sekitaran 1000 view perhari.  Pertanyaan yang sering muncul mungkin seperti berikut: 

Berapa sih penghasilan seorang Blogger?

Berapa sih penghasilan seorang YouTuber?

Sebenarnya semuanya tergantung dari jenis iklan atau advertiser yang digunakan, karena sederhananya. Setiap penyedia iklan atau advertiser tadi mempunyai aturan masing-masing untuk perhitungan pendapatan dari setiap iklannya. 

Sebelum itu bagi yang belum tau Apa itu advertiser? 

Advertiser adalah materi atau penyedia iklan yang menawarkan iklannya untuk ditayangkan kepada kita kemudian kita dibayar setelah iklan muncul di Situs Website  atau YouTube kita. 

Seperti yang kita tau bahwa banyak advertiser yang bersebaran di internet, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas secara detail mengenai salah satu  dari advertiser yang sering digunakan di situs webseite atau YouTube (Iklan-iklan yang sering tayang atau muncul di saat kita sedang membukan website atau YouTube).

Sejujurnya, Penghasilan Google AdSense adalah platform pendapatan pasif untuk Blogger atau YouTuber. Misalnya, jika Anda seorang Blogger atau YouTuber yang baru memulai mengaktifkan Monetisasi AdSense.

Namun, sebagian besar Blogger atau YouTuber tidak tahu apa saja hal dasar dari Google AdSense dan bagaimana cara kerjanya. Beberapa saluran menghasilkan uang dengan lebih sedikit penayangan, dan jumlah view. Namun, di sisi lain, puluhan bahkan jutaan Blogger atau YouTuber mengalami kesulitan untuk mendapatkan penghasilan.

Perlu diketahui bahwa Google AdSense memiliki beberapa perhitungan tersendiri untuk menentukan pendapatan Anda.

Di postingan kali ini, saya akan sedikit berbagi informasi mengenai beberapa istilah seperti BPK, CPM, RPM, CTR, CPA, dan CPM Tampilan Aktif, yang digunakan untuk menghitung pendapatan Blogger atau YouTuber.

Berikut adalah perhitungan untuk meningkatkan pendapatan Iklan AdSense

Tetapi, kebanyakan dari mereka memiliki arti yang berbeda tergantung pada pemahaman mereka. Terkadang itu membingungkan dan membuat pusing bagi yang pertama kali memonetisasi Blog atau YouTube.

Jadi, untuk memerikan sedikit gambaran, mari simak artikel berikut. Jika Anda sudah melihat pendapatan dari Google AdSense, maka mungkin anda akan bisa lebih meningkatakan penghasilan untuk kedepannya. 

Untuk selanjutnya bagi yang belum mengetahui apa itu Google AdSense?

Google AdSense adalah jaringan periklanan oleh Google untuk Blogger atau YouTuber dan pemasar online lainnya. 

Sebenarnya, pengiklan menginvestasikan uang mereka pada iklan untuk mempromosikan produk mereka. di sini, AdSense memainkan peran perantara melalui Iklan Blog atau YouTube.

Perhitungan Penghasilan Google AdSense

Sekarang, kita akan melihat konsep dan rumus dasar yang perlu diketahui sebelum masuk ke lingkaran penghasil uang AdSense. 

Apakah BPK itu?

BPK adalah singkatan dari Cost-Per-Click. Singkatnya, jumlah pengiklan yang bersedia membayar setiap kali iklan diklik oleh pemirsa. BPK yang diinginkan oleh pengiklan.

Pertanyaan terbesar yang pernah ditanyakan oleh semua Blogger atau YouTuber adalah berapa $, yang akan saya hasilkan per klik? 

Jawabannya tergantung pada BPK. Misalnya, Anda mendapatkan 10 iklan untuk diklik pada situs atau video Anda, dan pengiklan membayar per klik, maka Anda telah mendapatkan uang yang baik (AdSense mengambil sebagian kecil sebagai komisi bagi hasil).

Jadi, BPK tidak pernah meminta Anda untuk mendapatkan lebih banyak tampilan. Bahkan 10 tampilan dapat menghasilkan uang yang layak. Terus terang, BPK akan secara signifikan meningkatkan pendapatan Anda.

Apakah CPM itu?

CPM adalah singkatan dari Cost-Per-1000 Impressions. Jumlah yang bersedia dibayar pengiklan saat 1.000 iklan ditampilkan di situs atau video Anda. Tidak hanya untuk klik, AdSense bahkan membayar Anda untuk tampilan sebuah iklan.

Meskipun Anda tidak menerima iklan untuk diklik, berdasarkan tampilan iklan yang diterima, AdSense akan mulai membayar Anda.

Misalkan, pengiklan bersedia membayar $1/1000 tayangan, maka Anda akan menerima sejumlah $1 (tidak termasuk komisi lainnya ) untuk setiap 1.000 iklan yang ditampilkan di situs atau video Anda.

Apakah RPM itu?

PPS adalah singkatan dari Revenue Per 1000 impression. Ini digunakan untuk menghitung taksiran penghasilan Anda per 1000 tampilan. Ini juga disebut sebagai PPS Halaman. Singkatnya, membagi file penghasilan dengan jumlah total tampilan halaman dan kemudian dikalikan dengan 1000.

Anggaplah Anda memiliki artikel atau video dengan 1.500 penayangan, dan dari situ, Anda hanya memiliki 1.000 tayangan, yang berarti 1.000 kali iklan ditampilkan di situs atau video Anda. Dan CPM iklan adalah $1 (tidak termasuk komisi lainnya). 

Jadi, berapa RPM Anda? Biaya 1000 tayangan adalah $1. Jadi, menurut Anda, Anda akan mendapatkan $1 untuk 1.500 tampilan? Tidak, itu perhitungan yang sepenuhnya salah.

Sebenarnya perhitungannya kurang lebih seperti ini,

RPM = ($1 / 1.500) * 1000

Jadi, PPS Anda sekitar $ 2,15, yang berarti Anda mendapatkan kira-kira $ 2,15 untuk setiap 1.000 tayangan yang dicapai situs atau video Anda.

Tapi, ini perkiraan pendapatan, bukan pendapatan sebenarnya. Ini akan berubah berdasarkan tampilan dan CPM. (Perlu di ingat lagi, ini hanya contoh perhitungan dengan angka seperti contoh-contoh di atas).

Penghasilan Google AdSense di Blog atau YouTube dihitung oleh berbagai faktor tetapi beberapa faktor utama adalah RPM dan BPK. Kedua hal ini menentukan 80% pendapatan saluran Anda. Jika Anda punya waktu, baca perbedaan antara PPS dan BPS .

Apakah RKT itu?

CTR adalah singkatan dari Click-through-rate. Ini adalah rasio jumlah klik yang diterima iklan Anda dengan jumlah tayangan. Yang ini diukur untuk memeriksa kinerja iklan di saluran Anda.

Anggap Anda mendapatkan 10 klik dari 1000 tayangan, dan kemudian RKT Anda akan menjadi 2%.

Semakin banyak CTR% yang Anda raih adalah tanda yang sangat baik bagi pemirsa yang menganggap iklan Anda bermanfaat dan relevan. Dengan bantuan RKT, Anda dapat mulai mengukur kata kunci mana yang berhasil dan mana yang perlu ditingkatkan.

Maka dari itu, lebih berfokuslah pada saat memilih kata kunci (riset keyword) gunakan manfaatkan keyword yang tersedia di google sebelum mengunggah postingan blog atau video. Karena, kata kunci yang dioptimalkan setara dengan menghasilkan lebih banyak.

Apa itu CPA?

CPA adalah singkatan dari Cost Per Action . Artinya jika penonton mengklik iklan pada video Anda dan melakukan pembelian atau signup atau mendownload atau tindakan apapun pada produk iklan masing-masing, maka Anda akan mendapatkan komisi dari penjualan /tindakan tersebut.

Tarif komisi bervariasi dari perspektif produk dan pengiklan. Biasanya jarang terjadi untuk menghasilkan tetapi mungkin memberi Anda komisi besar berdasarkan pengiklan.

Apakah yang dimaksud dengan BPS Tampilan Aktif?

CPM Tampilan Aktif adalah, pengiklan bersedia membayar hanya jika iklan terlihat setidaknya 50% dari durasi iklan ditampilkan di layar setidaknya selama 1 kedua.

Berikut akan saya jelaskan menurut pengalaman pribadi,

• Jika total durasi iklan adalah 30 detik dan penonton harus menonton iklan tersebut setidaknya selama 5 detik, saya rasa cukup sebelum penonton menskip iklan.

Ini hanya mempertimbangkan untuk 1000 tayangan terlihat. Mereka akan mengukur hitungan ini hanya ketika 1000 tayangan di layar dengan setidaknya 50% terlihat.

Perbedaan antara Tampilan Halaman dan Tayangan

• Tampilan Halaman adalah jumlah tampilan yang Anda terima di blog atau video.

• Impressions adalah berapa kali iklan ditampilkan pada halaman blog atau video.

Baiklah setelah anda mengetahui sedikit perhitungan iklan Google AdSense, kemudian bagaimana saya menerima pembayaran atau cara pencairan hasil iklan tadi?

Adsense membayar Anda melalui metode cek atau EFT (Transfer Dana Elektronik). Jika negara Anda memiliki opsi EFT, maka Google AdSense akan memilih untuk melakukannya terlebih dahulu.

Secara umum, proses pemeriksaan membutuhkan waktu setidaknya 1 bulan untuk mencapai jumlah tersebut kepada Anda (Jika Anda bukan orang USA). Namun, melalui EFT Anda akan mendapatkan jumlah tersebut dalam 2 - 3 hari. 

Sedikit tips dari saya agar dapat menghasilakan 1000 view perhari atau bahkan lebih dan agar dapat meningkatkan penghasilan blog atau youtube anda.

1. Memilih Pengiklan Yang Bagus

Hal pertama tentu Anda harus memilih pengiklan yang bagus dan baik serta tentunya harus memiliki nilai CPC ataupun RPM tinggi. Apabila pengiklan memberikan CPC 5 ribu perklik nya dan yang klik iklan mencapai 10 maka Anda sudah mempunyai untung banyak tentunya.

2. Memanfaatkan Pengunjung

Saat ini, metode ini jauh lebih menguntungkan dibanding kerjasama dengan pengiklan-pengiklan lainya.

Dapat saya contohkan, Anda punya produk makanan kemudian pasang iklan terkait makanan dalam blog atau youtube Anda. Beberapa pengunjung kemungkinan besar akan tertarik untuk membeli dan itu bisa menjadi sumber penghasilan tambahan untuk Anda.

Kesimpulan, apabila anda ingin menjadi seorang blogger atau youtuber. Saya sarankan anda untuk mencari-cari sumber informasi. Karena seperti salah satu penjelasan saya di atas bahwa penghasilan tergantung dari beberapa faktor, jadi terkadang tidak sesuai dengan apa yang kita harpkan.

Saya rasa sekian untuk penjelasan di atas, saya menganggap anda sudah paham dan apabila ada pertanyaan atau yang keliru dari tulisan saya, silahkan tinggalkan komentar di bawah, mari kita diskusikan bersama.

Source: https://www.affde.com/id/google-adsense-earnings-formula-calculate.html

Posting Komentar

© IMAGINATOR ID. All rights reserved. Developed by Jago Desain